MENU

IHT Penyusunan Naskah & Aplikasi E-Modul Program SMA Rujukan 2017

IHT Penyusunan Naskah & Aplikasi E-Modul Program SMA Rujukan 2017

Blora, September 2017

Menjawab tantangan pengembangan pendidikan sekolah menengah atas, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas melakukan berbagai strategi peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.Peningkatan mutu pelaksanaan pembelajaran di sekolah dilakukan dengan berbagai strategi, salah satu diantaranya melalui penerapan pendekatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi (competency based education and training). Pendekatan berbasis kompetensi digunakan sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum, pengembangan bahan ajar, pelaksanaan pembelajaran,dan pengembangan prosedur penilaian.

Terkait dengan pengembangan bahan ajar, saat ini pengembangan bahan ajar dalam bentuk modul menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini merupakan konsekuensi diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan berbasis kompetensi di sekolah. Pendekatan kompetensi mempersyaratkan penggunaan modul dalam pelaksanaan pembelajarannya. Modul dapat membantu sekolah dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Penerapan modul dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas dan dengan hasil (output) yang jelas. Mengingat pentingnya peranan modul untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA, maka guru sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan proses pembelajaran, dituntut untuk dapat memahami pengertian, karakteristik, prinsip, ketentuan dan prosedur pengembangan modul.

Terkait dengan itu, maka SMAN 1 Blora sebagai sekolah rujukan melaksanakan kegiatan IHT ( In House Training )  penyusunan naskah dan aplikasi e-modul kepada guru guru di lingkungan SMAN 1 Blora sendiri, dan mengundang perwakilan beberapa guru mapel dari sekolah imbas. Adapun kegiatan ini di ikuti oleh 45 orang guru dan di pandu oleh nara sumber pengembangan naskah yaitu oleh bapak Bambang Lugito, S.Pd, sedangan untuk nara sumber aplikasi e-modul yaitu oleh bapak Tri Kristiantoro, S.Kom. Semoga dengan dilaksanakannya IHT itu guru guru dapat mempunyai kemampuan dan bekal unutk mengembangkan diri dalam pembuatan naskah yang akan diaplikasikan ke dalam e-modul.

 

 

KOMENTAR