MENU

Seminar Pelibatan Orang Tua

Seminar Pelibatan Orang Tua

Jum’at, 27 September 2019, telah diadakan seminar pelibatan orang tua. Acara ini diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Blora di Aula SMA Negeri 1 Blora. Seminar ini dihadiri oleh150 Bapak/Ibu orang tua peserta didik SMA Negeri 1 Blora.

Pada sesi pertama seminar dipaparkan keharusan menuntut ilmu dan tanggung jawab dalam pendidikan. Bapak Najamansahselakunarasumberdaritokohmasyarakat berkata bahwa  Rasulullah mengharuskan menuntut ilmu dan di dalam Qur’an Surat Al – Mujadallah, Allah berfirman “...Allah akan mengangkat orang – orang yang beriman dan orang – orang yang diberi ilmu beberapa derajat”. Beliau juga berkata “Persoalan yang dihadapi anak – anak di sekolah merupakan tanggung jawab guru dan sekolah, tetapi ada beberapa halyang melibatkan keluarga”.

Selain keharusan menuntut ilmu dan tanggung jawab dalam pendidikan, Bapak Najamansah juga menjelaskan tentang seleksi masuk ke perguruan tinggi. Dalam SNMPTN tidak hanya nilai Ujian Nasional yang diambil, melainkan harus sudah disiapkan nilai rapot sejak kelas 10. Pada SBMPTN atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diambil ialah ijazah dan ujian tertulis menggunakan komputer. Di Ujian Mandiri (UM) memerlukan biaya yang jauh lebih banyak. Selain menggunakan tiga jalur tersebut, terdapat Beasiswa Bidik Misi (hanya di Perguruan Tinggi saja) yaitu untuk orang -   orang tidak mampu tapi berprestasi.

Nara sumber juga memaparkan sembilan Prinsip Dasar Kehidupan. Di antaranya yaitu etika, kejujuran dan integritas, bertanggung jawab, hormat pada aturan dan hukum masyarakat, hormat pada orang lain, usaha keras untuk menabung dan investasi, mau bekerja keras, cinta pada pekerjaan, serta tepat waktu.

Pada sesi kedua seminar diberikan beberapa pertanyaan kepada para orang tua oleh bapak Umartono. Beliau menerangkan tentang perlunya keterlibatan orang tua dalam perkembangan prestasi peserta didik. Sesi terakhir di isi olehBapak Drs. Sugeng yang berperansebagai guru BK (BimbingandanKonseling) menjelaskan mengenai berbagai cerita dari para siswa mulai dari meminta bimbingan belajar hingga membantu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

Dengan diadakannya pertemuan dengan wali murid diharapkan dapat meningkatkan hubungan wali murid dengan guru di sekolah. Hubungan dan komunikasi yang baik dapat membantu dalam meningkatkan prestasi siswa didik dan membantu dalam pemantauan siswa didik baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah dengan baik.

KOMENTAR