MENU

Tumbuh kembangkan Kerajinan : Workshop Kerajinan Tas dari Anyaman Bambu di HUT SMA Negeri 1 Blora

Tumbuh kembangkan Kerajinan : Workshop Kerajinan Tas dari Anyaman Bambu di HUT SMA Negeri 1 Blora

Hari Ulang Tahun (HUT) SMA Negeri 1 Blora yang ke 60 diisi dengan berbagai kegiatan salah satunya workshop kerajinan tas dari anyaman bambu yang diadakan di Indoor SMA Negri 1 Blora, Jumat (25/9). Lomba diikuti oleh160 pesertayang berasal dari 32 kelas yang berbeda. SMA Negeri 1 Blora mendatangkan narasumber Ibu Kartini yaitu pengrajin tas bambu dari Jepon, Kabupaten Blora.

Dengan keterampilan dan kesabaran, Ibu Kartini dalam membuat tas dimulai dari mengajarkan pola-pola anyaman tas, membuat bagian dasar tas, membentuk model tas hingga membuat pegangan tas  yang kuat. Antusias siswa dalam mengikuti  workshop dapat dilihat dari antrian siswa saat bertanya dan meminta pengarahan dalam menganyam kepada Ibu Kartini.

Pada ajang ini, aspek yang menjadi penilaian ialah variasi karya, estetika (proporsi, bentuk, dan teknik), sisi terapan atau murni (fungsional), kreativitas, dan inovasi. Saat lomba berlangsung nampak keseriusan para peserta dalam merangkai kesenian yang dibuat. Salah satu tujuan lomba ini adalah untuk menjaga keberlanjutan sebuah produk anyaman. Dengan desain bagus, tidak tertutup kemungkinan produk itu bisa dijual dan bahkan dipatenkan. Diharapkan siswa bisa lebih menumbuh kembangkan  kerajinan anyaman bambu sebagai salah satu cara menjaga lingkungan sekitar dari penggunaan plastik terutama kantong plastik yang sulit di uraikan lingkungan.

Di samping sebagai ajang keterampilan siswa dalam menciptakan produk, HUT SMA Negeri 1 Blora juga bisa dimanfaatkan untuk promosi dari sebuah produk. Terlebih sekarang, pasar anyaman bambu sudah mengglobal. Itu sebabnya, lomba difokuskan pada kerajinan tas.

KOMENTAR