MENU

Sastra Jawa Dalam Jiwa Muda :Lomba Geguritan HUT SMA Negeri 1 Blora

Sastra Jawa Dalam Jiwa Muda :Lomba Geguritan HUT SMA Negeri 1 Blora

Sastrajawa yang memiliki filosofi yang tinggi serta adanya nasehat dari para orang tua, oleh generasai muda sekarang perlahan mulai banyak yang  meninggalkan.Banyak anak-anak muda lebih menggemari dan bangga menggunakan bahasa asing ketimbang bahasa daerahnya sendiri. Padahal, bahasa Jawa sangat kental dengan tata kesopanan atau unggah ungguh lewat tingkatan bahasa, sepertikromoalus, kromoinggil, ngokoalus, dan ngoko.

Berangkat dari keprihatinan tersebut dengan dilandasi tekat yang tinggi guna melestarikan seni sastra jawa maka diadakan lomba Geguritan dalamrangka Hari Ulang Tahun SMA Negeri 1 Blorake 60 yang diikuti oleh perwakilan setiap kelas  X,XI,XII. Lomba dilaksanakan di Laboratorium Bahasa SMA Negeri 1 Blora. Pada dasarnya acara ini diselenggarakan untuk memeriahkan acara HUT SMA Negeri 1 Blora ke-60. Pada hari Jumat, 15 Agustus 2019, dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Dalam kompetisi itu, baik peserta putra maupun putri terdapat satu judul puisi yang telah ditentukan panitia. Judul geguritan ini “Balada Klenthing Kuning” yang di bacakan para peserta. Semua peserta lomba membacakan geguritan jawa ini dengan baik dan penuh ekspresi, menghayati setiap bait sehingga menimbulkan keindahan.

KOMENTAR