MENU

SEMANGAT SMA NEGERI 1 BLORA RAIH PRESTASI DI BULAN KEMERDEKAAN

SEMANGAT SMA NEGERI 1 BLORA RAIH PRESTASI DI BULAN KEMERDEKAAN

SMA Negeri 1 Blora penuh semangat dalam berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik. Di bulan Agustus yang penuh dengan sejarah kemerdekaan dan kenangan ini, memberikan semangat juang untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Blora dalam meraih prestasi. Bagaikan tiada hari tanpa prstasi, Itulah salah satu perwujudan dari SMA Negeri 1 Blora sebagai sekolah berkarakter juara. Tiada hari tanpa prestasi membuat seluruh warga sekolah bekerja sama demi kemajuan sekolah. Siswa terus belajar, berlatih, dan ditempa untuk dijadikan generasi emas Indonesia yang berkarakter dan berprestasi. Berikut prestasi yang diraih siswa-siswi SMA Negeri 1 Blora di bulan Agustus 2019 :

1. Awal Agustus Awal Ukiran Prestasi

Pada awal bulan Agustus SMA Negeri 1 Blora mulai mengukir sejarah. Ridzky Bayu Wicaksono yang merupakan anak berprestasi dan aktifis sekolah menjuarai Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Tengah jenjang SMA sederajat yang diadakan pada Kamis-Sabtu (1-3/08/19). FLS2N merupakan wahana unjuk keterampilan bidang seni. Dengan seni akan mengungkapkan beragam rasa, karsa, naluri pikiran yang semuanya berpusat pada estetis. Poster yang didesain sekreatif mungkin, dan memenuhi kriteria juara oleh Ridzky Bayu Wicaksono akhirnya dapat merebut juara 3 FLS2N Desain Poster Putra tingkat Provinsi. Prestasi siswa tidak lepas dari guru pembimbingnya. Dalam lomba Desain Poster dibimbing oleh guru ahli dibidang seni SMA Negeri 1 Blora Bapak Taufan Affandy, S.Pd. yang tidak pernah lelah dalam mengefaluasi dan membina karya siswa-siswi SMA Negeri 1 Blora.

2. Meriahnya Festival Seni Blora

Prestasi kembali diraih pada Senin (04/08/19), SMA Negeri 1 Blora mengikuti Festival yang diadakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora. Dalam festival ini SMA Negeri 1 Blora mengirimkan 5 siswi berprestasi yaitu Fatharany Rahma H. (XI IPS 2), Aisyah Hisbia A.A. (XI MIPA 7), Mawar Indirasanti (XI MIPA 2), Nadya Firdaus S. ( X MIPA 6), Danila Febiolani (X MIPA 2). Mereka menunjukkan persembahan Tari Kerakyatan (Beksan Peputren) dengan kelincahan, kekhasan daerah, dan tari yang penuh makna membuat para juri dan tamu bertepuk meriah. Hasil latihan keras yang dilalui membuat mereka menjuarai juara 2 Festival yang diadakan di Blok T Blora tersebut. Ibu Jelita Lusikana, S.Pd. sebagai Pembina Seni Tari SMA Negeri 1 Blora sangatlah bangga atas prestasi yang diraih muridnya.

3. Mari Berkreasi Melalui Budaya

Selasa (20/08/19), Kodim Blora mengadakan lomba tari kreasi perjuangan mengasah kesenian daerah di Kabupaten Blora dan dilaksanakan di halaman Makodim Blora. 11 grup diajukan oleh wilayah kecamatan di Blora. Program ini diselenggarakan tiap tahun dengan materi yang berbeda. Tahun ini, kodim blora mengangakat materi tari kreasi perjuangan dengan tema “Tingkatkan Cinta Tanah Air, Wawasan Bernegara dan Kebangsaan, serta Mempertahankan NKRI”. Para pemenang akan berlanjut ke tingkat korem, kemudian kodam bahkan pusat. SMA Negeri 1 Blora kembali mengirimkan penari-penari tradisional yang beranggotakan Nadya Firdaus ( 10 Mipa 6 ), Danila Febiolani ( 10 Mipa 2 ), Ardita Prahesti ( 11 Mipa 1 ), Trisya Agestia ( 11 Mipa 7 ) dan Fatharany Rahma (11 Ips 2) . Bersama bimbingan, pengarahan Ibu Jelita Lusikana dan dukungan penuh siswa-siswi SMA Negeri 1 Blora di lokasi lomba membuat penari menari dengan penuh semangat dan menarik para juri. Juara 1 yang diraih oleh SMA Negeri 1 Blora membuat SMA Negeri 1 Blora menjadi perwakilan untuk maju ke tahap berikutnya.

4. Ekspresikan Prestasi Lewat Lukisan

Di depan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jl.Tondonegoro No. 1 Pati telah dilaksanakan Lomba Lukis dengan tema “Bumi Kita Masa Depan Kita” Senin (26/08/19) dengan tujuan memberikan ajang penyaluran bakat dan untuk pelaku seni lukis, sekaligus merapikan dan memperindah lingkungan dengan baik. Dengan adanya Lomba ini SMA Negeri 1 Blora telah mengirimkan siswi terbaiknya Nadia Diptya ( 11 Mipa 6 ) yang dibimbing oleh Guru seni SMA Negeri 1 Blora, Bapak Taufan Affandi, S.Pd. Lukisan Nadia Diptya yang bernilai estetis tanpa meninggalkan pesan yang terkandung di dalamnya membuat Juri memutuskan bahwa SMA Negeri 1 Blora menjuarai 2 tingkat keresidenan. Prestasi ini membuktikan bahwa SMA Negeri 1 Blora merupakan sekolah yang menjunjung tinggi karya seni siswa-siswi.

5. Melangkah Lebih Maju Bersama Budaya Bangsa

Pada Senin (26/08/19) Penari Tradisional SMA Negeri 1 Blora melangkah lebih maju menuju tingkat Keresidenan. Lomba Tari Perjuangan yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan menjadi ajang yang tidak akan dilewatkan bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Blora untuk unjuk keterampilan. Tari Perjuanagn dibawakan oleh penari-penari SMA Negeri 1 Blora yang bernama Fatharany Rahma H.(XI. IPS 2), Aisyah Heisbia A.A (XI MIPA 7), Mawar indirasanti (XI MIPA 2), Nadya firdhaus (X MIPA 6), Danila Febiola (X MIPA 2) dengan tarian siswi SMA Negeri 1 Blora yang dibimbing ibu Jelita Lusikana, S.Pd. sehingga dapat memperoleh juara 1 ditingkat korem.

6. Akhir Bulan Kemerdekaan Bukan Akhir Perjuanagan

Pada Agustus akhir Jum’at (30/08/19) Penari SMA Negeri 1 Blora melanjutkan tahapan lomba. Lomba tidak hanya berhenti di tingkat korem saja tetapi dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kodim, Korem dan Kodam. Para pemenang di tingkat Kodam nantinya akan mengikuti lomba tingkat selanjutnya di DKI Jakarta. Dalam kegiatan ini dapat memupuk kreatiiftas dan menjaga serta mengangkat kearifan budaya daerah. Lomba semacam ini juga dapat menanamkan kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Sehingga yang tadinya SMA Negeri 1 Blora lolos ditingkat korem sehingga melanjutkan lomba ditingkat kodam dan pelaksanaan lomba tingkat Kodam (Provinsi) ini diikuti oleh siswi SMA Negeri 1 Blora antara lain Fatharany Rahma H. (XI. IPS 2), Aisyah Heisbia A.A ( XI MIPA 7), Mawar indirasanti (XI MIPA 2), Nadya Firdhaus (X MIPA 6), Danila Febiola (X MIPA 2) dengan pembimbing ibu Jelita Lusikara,S.Pd. Atas kerja keras dan dukungan Bapak/ibu guru serta siswa-siswi SMA Negeri 1 Blora sehingga dalam pelaksanaan lomba tari perjuangan tingkat kodam dapat mendapat juara ke 3.

Dengan prestasi-prestasi membanggakan yang telah diraih tidak menjadikan SMA Negeri 1 Blora berhenti dan berpuas diri. Visi SMA Negeri 1 Blora Gebyar, Peduli, Amanah, Unggul Prestasi, dan Luhur Budi Pekerti akan selalu dipegang teguh oleh warga sekolah. Dengan mewujudkan tunas bangsa yang berkualitas tidak hanya di bidang akademik saja namun juga nonakademik menjadikan SMA Negeri 1 Blora akan terus berkembang menuju lebih baik. SMA Negeri 1 Blora Juara!.

KOMENTAR